Catatan
Posted By ybs

Mui Ne – padang pasir di Vietnam


 

Begitu tau ada padang pasir (kecil) dan berjarak ngga terlalu jauh dari Ho Chi Minh City maka pas ada kesempatan untuk Ke Mui Ne pasti saya manfaatkan! Perjalanan Saigon ke Mui Ne selama 5 jam dan kebetulan selama pulang & pergi kedapetannya sleeper bus (it was my 1st time experince, btw). Enak juga naek sleeper bus, ga capek dan bisa tidur pules..les..les… hehe

Mui Ne ini merupakan daerah pantai, jadi disini malah lebih panas lagi dari Ho Chi Minh City. Segala penginapan ada disini mulai dari bintang 5 sampe ga ada bintangnya. Macem-macem restoran juga tersedia, Mexican food, European food, Vietnamese food mulai dari yang mahal sampe yang murah. Aman-lah!

Suasana di Mui Ne

Suasana di Mui Ne

Saya nginep di Muine Backpacker – Austria Vietnam House. Hotel backpacker ini bagussss, bersih dan rapih! Yang punya juga baik banget.. hehe. Mereka memiliki beberapa tipe kamar mulai dari yang dorm, family room atau yang kamar-kamar biasa seperti deluxe dan standard room dan ada kolam renangnya juga! Letaknya persis di depan pantai, cuma saya nggak sempet main-main ke pantainya karena suhu yang terlalu panas dan teler di jalan :p

Muine Backpacker Hotel

Muine Backpacker Hotel

Untungnya di penginapan ini bisa sekalian minta aturin untuk trip ke sand dunes-nya. Ada 2 macam trip: Sunset dan Sunrise. Yang sunset dimulai dari jam 2 siang sementara yang sunrise jam 4.30 pagi. Karena saya udah nyampenya siang jadi nggak mungkin ambil yang sunset. Kalau ikut Sand dunes trip ini kita akan dibawa ke 5 lokasi:

White Sands Dunes

Karena saya ikutannya sunrise tour maka lokasi ini jadi tujuan pertama. Saya nggak pernah ke padang pasir sebelumnya, jadi buat saya ini sih besar. Kita bisa sewa APV untuk keliling, tapi nggak bawa duit banyak jadinya jalan kaki aja. Lumayan juga jam 5 pagi jalan diatas pasir dan nanjak!

White Sands Dunes in the morning

White Sands Dunes in the morning

Red Sands Dunes

Lokasi ini letaknya di pinggir jalan! Haha.. Kaget juga pas jeep-nya tiba-tiba berhenti di pinggir jalan :p Luasnya nggak sebesar yang putih tapi ini juga menarik. Kita bisa juga sih main slide disini, tapi mulai terik dan ga terlalu menarik minat saya.

red sand dunes (photo by: Kemal)

red sand dunes (photo by: Kemal)

Lotus Pond

Letak ini deket banget sama si white sands dunes, jadi sebelum menuju Red Sands Dunes kita berhenti dulu sebentar. Lokasinya lagi-lagi dipinggir jalan dan saya kira mobilnya kenapa-kenapa makanya berhenti, ternyata ada di taman teratai ini. Hihi… Saya nggak tau sih bisa disamperin apa nggak, karena saya nggak paham ini itu apaan jadinya ya cuma foto dari jauh aja :p

Lotus Pond yang seperti rawa :D

Lotus Pond yang seperti rawa :D

Fishing Village

Yang menarik dari desa nelayan ini hanyalah perahu-perahu yang mereka gunakan bentuknya bulat! Sisanya, nggak terlalu beda dengan di Indonesia.. Oh, lebih bersihdan ngga bau ikan juga deng disini. Gak terlalu spesial buat saya spot ini.

Nelayan dengan perahu bulatnya ^.^

Nelayan dengan perahu bulatnya ^.^

Fairy Stream

Jadi ini kita jalan kaki menyusuri sungai, pas saya kesana airnya hanya semata kaki. Sebenernya diujungnya itu ada air terjun, tapi udah jalan lamaaaa banget dan capek air terjunnya nggak keliatan! Jangankan keliatan… suara airnya aja nggak kedengeran sama sekali. Akhirnya saya memutuskan kembali deh. Untungnya pemandangannya cantik, tebing-tebing batu gitu.

pemandangan kece saat menyusuri Fairy Stream

pemandangan kece saat menyusuri Fairy Stream

Pengalaman pertama saya ke padang pasir dan ternyata menyenangkan! Malah agak nyesel nggak pol-polan, coba bawa kaftan dan segala perlengkapan perangnya. Hahahaha

(May 2012)


memang benar apa yang dikatakan ybs

View Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.